Tips Jitu Memilih Kompor Portable Bagus dan Tahan Lama

Bagi anda yang menyukai kegiatan berkemah atau mendaki gunung pasti tidak asing lagi dengan kompor portable.

Kompor portable memang merupakan jenis kompor Rinnai yang paling sering digunakan pada saat berkemah atau mendaki gunung karena kompor ini mudah digunakan, mudah di packing dan ukurannya kecil. Kompor portable sendiri terdiri atas beberapa jenis, yaitu :

Tips Jitu Memilih Kompor Portable Bagus dan Tahan Lama

Kompor canister

Jenis kompor portable pertama adalah kompor canister. Kompor ini merupakan jenis kompor portable yang paling banyak digunakan oleh para pendaki gunung. Kompor canister memiliki tatakan yang digunakan sebagai tungku.

Tatakan ini terdiri dari tiga sisi yang berguna untuk menahan alat masak di atasnya. Tabung gas yang merupakan bahan bakar pada kompor biasanya dipasa pada tatakan. Jenis gas yang digunakan sebagai bahan bakar pada kompor adalah propane dan isobutane.

Kompor canister tidak hanya memiliki ukuran yang kecil tetapi juga ringan sehingga mudah dimasukkan ke dalam tas.

Kekurangan pada kompor ini adalah tidak bisa digunakan untuk memasak makanan dalam jumlah besar karena tatakan tidak kuat untuk menahan alat masak yang berukuran besar. Selain itu, kompor ini tidak memiliki pelindung sehingga api dapat dengan mudah karena angin.


Kompor tidak berbahan bakar minyak atau gas

Pada kompor portable tidak semua menggunakan minyak atau gas sebagai bahan bakar, tetapi ada jenis kompor portable yang menggunakan bahan bakar daun, atau ranting pohon. Kekurangan kompor ini tidak bisa digunakan pada saat musim hujan.

Selain dari daun atau ranting pohon, ada juga kompor portable yang menggunakan bahan bakar dari batu bara. Api pada kompor ini cukup besar, tetapi karena bakarnya tersebut bau yang dihasilkan cukup menyengat.

Kompor gas mini

Jenis kompor portable terakhir adalaha kompor gas mini. Jika dilihat sepintas, bentuk kompor gas mini hampir mirip dengan kompor yang sering kita gunakan di rumah, yang membedakannya adalah ukuran kompor saja.

Seperti namanya kompor gas mini maka ukuran kompor pun kecil, ringan dan hanya memiliki satu tungku saja. Selain ukuran kompor kecil, ukuran gas yang menjadi bahan bakar untuk kompor juga kecil dan berbentuk tabung yang bisa dimasukkan ke dalam kompor gas.

Kompor ini sangat mudah digunakan pada berbagai tempat karena api yang dihasilkan pada kompor lebih stabil dibandingkan jenis kompor portable lainnya. Hanya saja kekurangan dari kompor ini adalah bahan bakar mudah habis dan membutuhkan perawatan yang rutin.

Setelah mengetahui beberapa jenis dari kompor portable, sekarang kita akan membahas apa saja yang harus diperhatikan saat akan membeli kompor portable, dan berikut penjelasannya :


Tatakan penyangga pada kompor

Bagian yang harus diperhatikan pada saat akan membeli kompor portable adalah kekuatan dari tatakan penyangga pada kompor. Dengan memilih tatakan penyangga pada kompor maka akan memudahkan kita pada saat memasak karena lebih mampu menahan alat masak untuk tetap seimbang.


Berat kompor

Mengingat penggunaan kompor portable pada saat berkemah maka usahakan untuk membeli kompor portable yang tidak telalu berat sehingga akan memudahkan anda pada saat membawanya.


Ukuran kompor

Selain berat kompor, ukuran kompor juga harus perlu diperhatikan pada saat membeli kompor portable. Dengan begitu, anda bisa menyimpan kompor ke dalam tas. Tetapi perlu diingat usahakan memilih kompor portable yang tidak terlalu kecil dan ringan juga agar membuat kita merasa lebih nyaman pada saat memasak.


Memiliki piezo – igniter

Piezo – igniter merupakan tombol yang berguna untuk menghasilkan kilatan api. Dengan memilih kompor potable yang memiliki tombol tersebut maka kita tidak perlu kuatir jika saat berkemah nanti anda lupa membawa korek. Cukup dengan menekan tombol maka kompor pun akan menyala.


Mudah dibersihkan.

Seperti umumnya memilih kompor, pada kompor portable juga kita harus memilih kompor yang dilengkapi dengan anti lengket sehingga anda mudah untuk membersihkan kompor.


Pembakaran kompor efisien

Hal terakhir yang harus diperhatikan ketika kompor portable adalah kemampuan pembakaran pada kompor. Pada saat berkemah di alam terbuka menyediakan bahan bakar menjadi hal yang sulit dilakukan untuk itu, pilih kompor yang memiliki efisien pembakaran meskipun sedikit berat.

Demikianlah tips untuk memilih kompor portable yang baik, semoga hal ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar